Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Inilah cara pemakaian kinesio tape yang baik dan benar
11-05-2016, 09:32, (This post was last modified: 11-05-2016, 09:34 by xlizkh.)
#1
Thumbs Down  Inilah cara pemakaian kinesio tape yang baik dan benar
[Image: jual-kinesio-tape.jpg]

Perkembangan teknologi saat ini sudah merambah ke berbagai cabang. Mulai dari bidang industry, pendidikan, pemerintahan, bidang olahraga dan lain-lain. Hampir seluruh cabang sudah menjalankan teknologi untuk pendukung kerjaannya.

Bisa kita ambil beberapa contoh yang sudah ada seperti pada dunia perindustrian. Pada era awal dunia perindustrian mulai berkembang, beberapa pekerjaan masih menggunakan jasa manusia. Namun dengan hadirnya perkembangan teknologi, ada banyak bidang kerja sudah dapat dijalankan menggunakan tenaga mesin. Hal ini memudahkan manusia khususnya pelaku dunia industri dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari mereka.

Dunia olahraga juga tidak terlepas dari kemajuan teknologi ini. Dahulu olahragawan-olahragawan masih menggunakan peralatan yang seadanya. Sebagai contoh dalam dunia olahraga sepak bola. Jaman dulu pemain-pemain sepak bola masih menggunakan sepatu yang dibuat dari bahan kulit dan dapat dikatakan cukup berat, terlebih lagi jika harus bertanding pada kondisi sedang hujan.

Akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi saat ini. Sepatu sepakbola sudah terbuat dari bahan kulit sintetis yang kuat, ringan dan enak untuk dipakai.
Berbicara tentang olahraga, kita juga mesti bicara mengenai pertandingan yang terkadang keras, hingga kerap kali membuat cidera olahragawan. Inilah yang menjadikan dunia olahraga terus menerus mengembangkan teknologi yang bisa mengurangi cedera, mempercepat proses pemulihan cidera atau mengoptimalkan kondisi fisik si olahragawan.

Diantaranya yang terpopuler dan cukup umum digunakan sekarang adalah Kinesia Tape. Kinesio tape berbentuk kayak lembaran yang dilengketkan pada bagian tubuh tertentu yang bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhan cedera, meminimalisir sakit atau mengoptimalkan kerja sendi di tempat kinesio tape ini dilengketkan.

Kinesio tape ditemukan pertama kali sekitar 30 tahun lalu oleh ahli kesehatan bidang olahraga yang bernama dr. Kenzo Kaze. Walaupun kinesio tape telah ditemukan cukup lama, akan tetapi pemakaiannya tak sepopuler saat ini. Sebab pada masa itu masih banyak masyarakat yang berpikir bahwa alat ini diragukan manfaat dan kegunaanya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, kinesio tape semakin popular dan seringkali digunakan oleh olahragawan professional maupun amatir sebab khasiatnya sudah terbukti.

Pertama kali kinesio tape dipakai adalah pada kejuaraan Olimpiade tahun 2008. Waktu itu kinesio tape muncul ke public saat salah seorang pemain voly asal Amerika Serikat memakainya di bagian bahu pada Olimpiade 2008 yang saat itu dilaksanakan di Beijing. Kemudian semenjak waktu itu, para olahragawan mulai menaruh perhatian pada kinesio tape. Diantara bukti khasiat kinesio tape ini adalah ketika salah seorang atlet lari pada Olimpiad Beijing 2008 tetap bisa menyelesaikan permainannya padahal pada saat itu ia sedang cidera pinggul.

Secara teknis, kinesio tape bisa dikatakan bekerja dengan sederhana. Kinesio tape memiliki beberapa kelebihan, yang paling utama adalah kinesio tape mempunyai sifat yang elastic dan tak panas kayak koyo sehingga terasa enak dipakai. Kinesio tape ini bekerja secara mikroskopis untuk mengangkat lapisan kulit, sehingga aliran darah akan menjadi lancer. Hal ini bisa berefek pada masa pemulihan cedera serta mengoptimalkan kerja otot.

Kelebihan lainnya dari kinesio tape ini yaitu ia mempunyai kemampuan merekat dengan sangat baik, meskipun dalam kondisi basah karena keringat atau olahraga air. Sehingga kinesio tape dapat dipakai untuk berbagai cabang olahraga.

Dengan semua kelebihan yang dipunyainya, kinesio tape dijual dengan harga yang terjangkau dan dapat ditemui di banyak toko olahraga. Bagi kamu yang ingin mencoba memakai kinesio tape, maka ada baiknya untuk bertanya kepada orang yang jauh lebih tahu mengenai kinesio tape supaya tak salah ketika mengunakannya.

Tips penggunaan Kinesio Tape pada sejumlah bagian badan ini juga tergolong mudah. Contohnya, kalau kamu akan memainkan badminton, olahraga sepeda, atau ikut serta dalam kejuaraan silat, bersihkan terlebih dahulu kulit kamu dari air atau minya, lalu lepaskan kertas penutup pada plester Kinesio Tape dan pasang pada bagian paha.

Anda juga bisa mengombinasikan pemakaian Kinesio Tape pada bagian badan yang lain contohnya seperti pada bagian bahu sampai lengan atas, betis bagian atas hingga ke telapak kaki, ataupun bagian lengan atas sampai ke telapak tangan. Penggunaan plester ini umumnya ditaruh pada tumpuan kekuatan Anda, menyesuaikan dengan jenis olahraga yang sedang dimainkan.

Lebih jelasnya, dibawah ini akan disampaikan langkah penggunaan plester Kinesio Tape yang baik.
1. Sebelum Kinesio Tape ditempel, maka pastikan kulit Anda harus bersih dari minyak ataupun air.
2. Pastikan kamu sudah memakai Kinesio Tape 1 jam sebelum berolahraga, mandi, ataupun kegiatan lain yang menimbulkan munculnya keringat dan dekat dengan air. Hal tersebut dilakukan agar Kinesio Tape tersebut lengket dengan benar pada kulit Anda.
3. Anda harus hindari pemakaian yang terlalu ketat supaya terhindar iritasi di kulit.
4. Sesudah Kinesio Tape terpasang di bagian tubuh yang diinginkan, Kinesio Taping mesti terus menerus diusap menggunakan tangan supaya lem dapat melekat dengan benar. Jangan memakai alat lainnya, seperti hairdryer.
5. Kinesio Taping dapat dipakai selama lebih kurang tiga sampai lima hari.
6. Untuk Anda yang pengguna baru, maka usahakan keadaan kulit tak dalam kondisi iritasi.

sumber: Warung olahraga
Reply




Users browsing this thread:
1 Guest(s)

Return to Top